Taman Nasional Pulau Komodo

Liburan ke Tempat Wisata Seru Taman Nasional Pulau Komodo

Tempat Wisata Favorit Wisata Dunia Wisata Indonesia

Taman Nasional Pulau Komodo – Apakah sahabat RV tau taman nasional yang terdapat hewan unik dan hanya ada satu-satunya di dunia?yup betul teman-teman namanya adalah taman nasional komodo, taman nasional yang berada di Nusa Tenggara Timur ini merupakan taman nasional yang didalamnya terdapat hewan unik nan langka, salah satu hewan purbakala yang masih ada di dunia dan terdapat dihabitat aslinya yaitu pulau komodo sama seperti namanya pulau komodo yang di huni oleh spesies kadal terbesar di dunia yaitu komodo.

Kawasan taman nasional ini dikenal dengan 3 pulau besarnya yaitu pulau rinca, pulau komodo dan pulau padar, teman – teman tau engga kalau pulau komodo berada di bagin mana dari pulau Nusa tenggara timur?,yups pulau komodo berada di ujung barat NTT, dan juga terletak di garis sabuk wallacea, yang mana di sana terdapat gabungan flora dan fauna yang khas nan unik.

Pulau komodo juga memiliki spot bawah laut yang sangat indah, tidak heran spot bawah laut pulau komodo menjadi tempat paforit bagi para penyelam, karena di bawah laut pulau komodo banyak terdapat ratusan spesias karng dan juga terdapat ribuan spesies ikan di dalamnya.

Taman Nasional Komodo memiliki luas wilayah sebesar 173.300 hektare. Tak hanya melindungi hewan Komodo yang terancam punah, terdapat 254 spesies tanaman yang berasal dari Asia dan Australia yang tumbuh dalam taman nasional ini.

Jenis-jenis fauna yang ada di antaranya komodo, rusa, dan jenis burung. Selain jenis fauna yang ada di taman nasional ini, padang rumput dan hutan savana mempunyai luas mencapai kurang lebih 70 persen dari luas Taman Nasional Komodo.

Bukan hanya pulau-pulau besar, taman nasional yang terkenal dengan kecantikan alamnya ini juga terdiri dari beberapa pulau kecil seperti Gili Lawa dan Pulau Padar.

Gili Lawa, sebutan lain Gili Laba menjadi salah satu tempat favorit wisatawan ketika berkunjung ke Taman Nasional (TN) Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Gili Lawa merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di sebelah utara Pulau Komodo. Pulau kecil ini terbagi menjadi dua, yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Gili Lawa Darat menjadi salah satu spot wisata favorit yang biasa dikunjungi wisatawan setelah menyelam.

Pulau ini merupakan perbukitan eksotis dengan padang rumput menghampar luas, dikelilingi oleh lautan yang biru. Padang rumput akan berwarna hijau ketika musim hujan dan berwarna kuning ketika musim kemarau.

Saat berkunjung ke Gili Lawa Darat, wisatawan dapat tracking atau mendaki bukit untuk melihat pemandangan pulau-pulau yang berada di dekat Gili Lawa, seperti Pulau Komodo, Kanawa dan Sebayur. Dengan waktu kurang lebih 30 menit, Anda dapat sampai ke puncak pulau ini.

4 Lokasi Wisata Menarik di Taman Nasional Pulau Komodo

Pulau Rinca

Di Pulau Rinca lebih mudah menemui komodo dibanding Pulau Komodo sendiri. Jumlah populasi komodo di Pulau Rinca memang lebih sedikit, namun luas Pulau Rinca yang jauh lebih kecil membuat kesempatan untuk bertemu dengan hewan melata terbesar di dunia ini menjadi lebih besar.

Senjata utama Komodo adalah air liurnya yang mengandung banyak bakteri mematikan jadi kita dilarang untuk berkeliling di Pulau Rinca maupun Pulau Komodo tanpa ditemani para ranger.

Ranger adalah petugas yang sudah terlatih untuk menjaga pengunjung agar tetap aman dari bahaya komodo dengan selalu membawa tongkat yang ujung bercabang yang biasanya akan diarahkan ke Komodo untuk menghalau Komodo yang mendekat.

Para ranger selain bertugas untuk melindungi pengunjung juga merangkap sebagai guide yang dengan senang hati menceritakan fakta-fakta unik tentang Komodo bahkan beberapa cerita daerah disini.

Seperti contohnya, fakta bahwa komodo dewasa betina akan memakan anaknya yang baru menetas, sehingga sejak baru lahir anak komodo diwajibkan memiliki kemampuan bertahan hidup dengan segera lari memanjat pohon agar selamat dari terkaman ibunya.

Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo

Belum lengkap jika belum bertemu Komodo di Pulau Komodo, apalagi tiket masuk Taman Nasional Kepulauan Komodo merupakan tiket terusan untuk Pulau Rinca dan Pulau Komodo jadi tidak ada salahnya juga untuk mampir.

Pulau Komodo merupakan pulau terbesar di Kepulauan Komodo dan merupakan satu-satunya pulau yang dihuni oleh masyarakat setempat. Wisatawan juga bisa melihat fauna selain komodo mulai ari rusa, babi hutan dan berbagai jenis burung.

Trekking di Pulau Komodo memberikan pengalaman yang berbeda karena jika dibandingkan di Pulau Rinca dengan pemandangan padang rumput, disini jalur trekking lebih menyerupai hutan dengan beberapa pohon besar sehingga tidak terlalu panas.

Ranger menyarankan untuk kembali lagi ke Pulau Komodo pada bulan Juli-Agustus karena merupakan musim kawin bagi Komodo dan jika beruntung kita bisa menyaksikan komodo sedang metting.

untuk menuju habitat komodo kita harus mendaki gunung Ara selama 2-3 jam lamanya, kita jugadapat melihat hewan ini di loh buaya yang ada di pu;au Rinca, waktu tempuhnya hanyasekitar 2 jam menggunakan kapal.

Yang luar biasa lagi di Pulau terjauh dari Labuan Bajo adalah disini telah dibangun tower salah satu provider telekomunikasi Indonesia,  sehingga memiliki sinyal ponsel terbaik di seluruh Kepulauan Komodo.

Pink Beach

Taman Nasional Pulau Komodo

Pink Beach masih berada di kawasan Pulau Komodo namun karena berada disisi yang berbeda dengan pintu masuk Taman Nasional sehingga dibutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit perjalanan dengan menggunakan kapal.

Panjang bibir pantai Pink Beach tergolong pendek karena terletak di teluk yang diapit oleh gunung-gunung karang raksasa.  Dianjurkan untuk membawa peralatan snorkeling karena selain pasir pantai yang menggoda dengan warna pink yang berbeda dibandingkan pantai-pantai lainnya, pemandangan bawah laut di daerah sini juga menakjubkan.

Namun jangan berenang terlalu jauh dari pantai karena arus laut lumayan kencang dan berpotensi tertabrak oleh kapal-kapal yang banyak lewat di daerah sini. Selain itu disarankan juga untuk membawa persediaan makanan sendiri karena tidak terdapat kios makan.

Baca Juga : Wisata The Great Asia Afrika

Pulau Padar

Ini merupakan salah satu pulau yang paling fotogenic di Kepulauan Komodo sehingga wajib untuk dikunjungi, Pulau yang terletak diantara Pulau Rinca dan Pulau Komodo ini ketika pertama kali tiba hanya berupa pulau kosong dengan pantai

disarankan untuk memanjat tebing disisi  belakang pantai. Sekitar 20-30 menit trekking menaiki Pulau Padar melalui jalan setapak berpasir yang cukup licin dan disekeliling kami hanya padang rumput gersang. barulah akan teman-teman saksikan pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa.

Pulau yang terlihat tidak berbentuk sempurna dan meliuk-liuk ternyata menciptakan 3 teluk raksasa di ketiga sisi pulau. Samar-samar saya bisa melihat kapal yang tadi saya tumpangi menjadi satu titik kecil di salah satu teluknya menjadi perbandingan betapa besar-nya teluk indah ini. memang benar jika semakin susah cara untuk mencapai suatu tempat akan semakin indah tempat tersebut.

Baca Juga : Wisata Kawah Putih Ciwidey

Fasilitas Wisata Pulau Komodo Lengkap

Meskipun taman wisata komodo berbentuk kepualauan, untuk urusan fasilitas ternyata cukup lengkap dan beragam, fasilitas bepergian antar pulau kita bisa menggunakan fasilitas sewa perahu motor, akomodasi dari dan ke labuan bajo atau bima juga sudah tersedia.

kita juga bisa berfoto dengan latar rumah-rumah penjaga di pulau komodo yang begaya ekologi yang pastinya unik dan menarik. kita juga bisa menginap di home stay atau resort-resort yang tersedia disekitar lokasi.

tips berwisata di pulau komodo :

  • Bagi para wanita ketika sedang menstruasi segera melapor ke petugas ranger dan tunggu intruksi lanjutan dari ranger, karena komodo bisa mencium darah dari jarak ratusan meter.
  • Usahakan pergi bersama ranger atau teman dan jangan pergi sendirian
  • jangan memberikan makan pada komodo karena bisa mengakibatkan komodo menjadi agresif
  • bawa tongkat bercabang dua untuk melindungi dari serangan komodo
  • pakai sepatu trekking yang aman untuk melindungi dari bahaya ular
  • pakai lotion anti nyamuk ( nyamuknya sangat berbahaya )
  • cari akomodasi yang layak dan aman
  • bawa cukup minuman untuk mencegah dehidrasi

semoga ulasan mimin tentang wisata pulau komodo dan juga tips-tips yang mimin ulas diatas bermanfaat untuk teman-teman semua.wasallam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.